Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan
teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan
koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia
hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam
kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Abstract
Multimedia technology is combine computer hardware and software with
electronics technology, developing along with using most multimedia
technology in aspect activity. Multimedia CBT application is hoped will
help BAPEDALDA duty to presentation or visualization : sampling
technique, procedure, laboratory tools visualization, laboratory analyst
technique which follow role of government with understanding laboratory
environment to accurate data result, than it’s can give precise
information to community who need it. This activity is cooperation
informatic division in Indonesian Institute of sciences with BAPEDALDA
east java.
Intisari
Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik
perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik,
perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan
hampir diseluruh aspek kegiatan.
Pada aplikasi multimedia CBT ini diharapkan akan membantu dalam tugas –
tugas Bapedalda dalam mempersentasikan atau memvisualisasikan: teknik –
teknik sampling, prosedur – prosedur, visualisai peralatan lab, teknik
analisis laboratorium yang diikuti dengan aturan pemerintah dll, serta
tentang pemahaman peran laboratorium lingkungan dalam menghasilkan data –
data yang akurat, sehingga dapat memberikan informasi yang tepat bagi
masyarakat yang membutuhkannya.
Kegiatan ini merupakan kerjasama Pusat Penelitian Pengembangan
Informatika dan Ilmu Komputer (PUSLITBANG INKOM) – LIPI dengan Badan
Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Daerah (BAPEDALDA) - Jawa Barat
Pendahuluan
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan
teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan
penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna
dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk
digital, Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur - unsur
gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk
disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat
inovatif antara komputer dengan user, Bila dibandingkan dengan informasi
dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer
saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima
dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan
aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Guna lebih meningkatkan pemahaman akan peran laboratorium lingkungan dan
penguasaan materi yang berkenaan dengan laboratorium lingkungan di
tingkat pelaksana (kabupaten atau kota) seperti : jenis alat, materi,
bahan, prosedur kerja dan lain – lain diperlukan suatu media yang
efektif yang dapat menyampaikan informasi.
Salah satu media informasi yang paling elektif adalah media visualisasi
multimedia computer base training (CBT) dalam CDROM yang dijalankan
diatas perangkat komputer, dengan konsep multimedia CBT, informasi yang
ditampilkan secara efektif dan atraktif, sehingga penyerapan informasi
oleh penguna menjadi lebih baik.
Dalam hal ini Bapedalda Jawa Barat memahami betapa pentingnya
laboratorium lingkungan dalam pengeloaan lingkungan terutama dalam
menghasilkan data – data yang akurat, sehingga dapat memberikan
informasi yang tepat dalam pengambilan keputusan.
Pengembangan Multimedia CBT
Dalam Pengembangan Multimedia CBT Laboratorium Lingkungan melalui tahapan – tahapan diantaranya:
1. Penentuan tujuan pengembangan aplikasi dan persyaratan aplikasi
Tujuan dan manfaat yang dicapai dengan pengembangan Multimedia CBT laboratorium lingkungan ini adalah :
• Meningkatkan kesadaran aparat, instansi terkait serta tentang
pentingnya suatu laboratorium lingkungan dalam mendukung kegiatan
khususnya dalam hal mendapatkan suatu validitas data;
• Tersedianya paket presentasi atraktif terpadu dari beberapa masalah
yang lazim terjadi di daerah yang pada akhirnya dapat disadari akan
pentingnya “good laboratory practice‿;
• Tersedianya suatu panduan laboratorium lingkungan dalam bentuk
visualisasi elektronic yang berisikan peraturan, prosedure kerja, alat –
alat laboratorium dan pratik pengukuran terhadap paramenter yang lazim
digunakan;
• Tersedianya stock foto slide yang akraktif dan cukup baik dan dapat dipergunakan sekaligus dalam pembuatan layanan masyarakat.
2. Perancangan aplikasi/disain
3. Pembuatan storyboards (alur jalannya aplikasi multimedia)
4. Pembuatan/Pengolahan data –data digital, mencakup hal – hal seperti:
- penentuan jenis data digital yg hendak ditampilkan
- pembuatan dan pengumpulkan materi yang diperlukan
- Digitasi
- Pengolahan data digital dan konversi format data digital
5. Pemrograman aplikasi dengan menggunakan Multimedia Authoring System
6. Pengujian aplikasi
7. Distribusi aplikasi
8. Pemeliharaan aplikasi [1]
Pada tahapan – tahapan ini menghasilkan suatu aplikasi Multimedia CBT
laboratorium lingkungan yang dapat dapat dijalankan langsung dari sebuah
CDROM pada perangkat komputer berkemampuan multimedia yang memiliki
karakteristik utama, meliputi sebagai berikut :
1. Animasi logo Pemda Jawa Barat pada pembukaan
2. Data tentang laboratorium lingkungan di wilayah Jawa Barat
3. Referensi dasar hukum dari laboratorium lingkungan yang lengkap : SK.Gubernur, Kep.Men.Lingkungan hidup
4. Video klip tentang teknik sampling air
5. Video klip yang menggambarkan beberapa proses analisa
Seperti pada gambar 1.Logo menu awal dari Multimedia CBT

